https://www.flaticon.com/authors/lucy-g +62 231 206558 ext 221

Kegiatan KKN-UGJ 2021 SMT GNP

Kegiatan KKN-UGJ 2021 SMT GNP

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat ( LPM) UGJ  – KKN UGJ Tahun 2021 di Desa Getasan Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon diisi dengan Workshop Lingkungan Hidup, Minggu (5/9/2021).Tema dari workshop ini adalah; “Pemberdayaan Generasi Muda dalam Mewujudkan lingkungan Bersih, Hijau dan Produktif di Desa Getasan” yang dilaksanakan di Balai Desa Getasan.

Melalui workshop ini mahasiswa KKN UGJ yang berada di Desa Getasan berharap untuk kedepannya masalah lingkungan terutama limbah rumah tangga yang ada di Desa Getasan dapat diminimalisasi.

Misalnya, dengan cara memilah sampah serta semoga pemuda dan pemudi dapat mengimplementasikan pemanfaatan barang bekas atau limbah rumah tangga dengan inovasi dan kreativitas para pemuda/i.

Dalam workshop kali ini mahasiswa KKN Desa Getasan berkolaborasi juga dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon yang menghadirkan narasumber Yayan Hendriyan ST MT.

Kemudian dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Runika SPt.

Narasumber lainnya adalah Wakil Dekan 2 FISIP UGJ Cirebon, Dian Andriany SSos MIKom. Yang turut mengulas mengenai kebersihan lingkungan dan produktivitas masyarakat.

Dalam pemaparannya, Dian menyampaikan, lingkungan dan budaya masyarakat yang produktif adalah sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan oleh suatu daerah agar masyarakat menjadi lebih termotivasi dan meningkatkan produktivitas.

Pada kesempatan itu, alumni Unpad Bandung dan Universitas Mercubuana itu mencontohkan pemanfaatan limbah plastik.

Salah satunya sebagai media tanam untuk hidroponik. Seperti diketahui, cara bercocok tanam berbasis air ini, dapat meningkatkan produktivitas dan menjadi sumber pangan yang sehat.

Dian berharap, hidroponik menjadi salah satu tumpuan ketahanan pangan masyarakat.