https://www.flaticon.com/authors/lucy-g +62 231 206558 ext 221

kegiatan kkn ugj 2021

kegiatan kkn ugj 2021

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Swadaya Gunung Jati   ( UGJ ) Cirebon Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten  (Pemkab) Cirebon  menggelar program penanam pohon di Desa Japura Bakti Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon  Pada  kegiatan Loka Karya  KKN UGJ Tahun 2021 Semester Genap.

Aksi tanam pohon ini di hadiri oleh Wakil Bupati Cirebon  Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si,  Kepala LPM UGJ  Harmono., SH, MH, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas,Lingkungan Hidup kabupaten Cirebon, Bapak Camat Astanajapura, Kuwu Japura Bakti Serta Mahasiswa Peserta KKN UGJ. Penanaman100 pohon berbagai jenis untuk menghijaukan daerah sekitar Kantor Desa Japura Bakti Kegiatan menanam pohon ini juga dilakukan di sejumlah ruang terbuka hijau Aksi Tanam Pohon ini Bertujuan Untuk Penghijauan Di sekitar Lingkungan Desa Tersebut.

Kepala LPM UGJ dengan Sambutanya mengatakan “ dengan tidak adanya pohon di lingkungan sekitar maka tanah akan menjadi gersang dan tandus. Selain itu suasana lingkungan sekitar akan terasa sangat panas dikarenakan tidak adanya pohon yang bisa melindungi kita dari terik matahari, udarapun akan terasa sangat panas. Dengan adanya keberadaan pohon ada di tengah- tengah kehidupan kita , maka lingkungan sekitar menjadi sejuk dan rindang. Selain itu kepala lpm mengupayakan kepada warga agar bisa menaman pohon dengan media tanam hiroponik yang mana sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia selain itu hasil dari tanaman bisa di jadikan nilai ekonomis, dengan setiap warga menanam 5 pohon cabe pada polybag. Dengan jumlah masyarakat Desa Japura Bakti yang kurang lebih 5000, maka akan menjadi ladang cabe. selain pohon/tanaman cabe, ada salah satu jenis tanaman yang bermanfaat adalah pohon kelor yang mana sangat baik untuk pencegahan Stunting yang baik untuk pertumbuhan karena sangat baik sebagai pelengkap Gizi.( empat sehat lima sempuna).